• Jln. Asahan KM.VII No.08 Kec.Siantar
  • lapasklasiiapematangsiantar@yahoo.co.id
  • (0622)7551375

Sejarah Lapas

Diposting Oleh : Admin | Pada Tanggal : 04-06-2020

    Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Pematangsiantar sebagai salah satu unit pelaksana teknis Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia tentunya yang bertugas melaksanakan kebijaksanaan dan standarisasi teknis pemasyarakatan. Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Pematangsiantar adalah tempat untuk melaksanakan pembinaan Narapidana dan Anak Didik Pemasyarakatan. Sistem pembinaan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Pematangsiantar  dilaksanakan berdasarkan atas asas pengayoman, persamaan perlakuan dan pelayanan, pendidikan, pembimbingan, penghormatan harkat dan martabat manusia, kehilangan kemerdekaan merupakan satu-satunya penderitaan dan terjaminnya hak untuk tetap berhubungan dengan keluarga dan orang-orang tertentu.

  Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Pematangsiantar sebagai wadah pembinaan narapidana yang berdasarkan sistem pemasyarakatan berupaya untuk mewujudkan pemidanaan yang integratif yaitu membina dan mengembalikan kesatuan hidup masyarakat yang baik dan berguna. Lembaga Pemasyarakatan melaksanakan rehabilitasi, redukasi, resosialisasi, dan perlindungan baik terhadap narapidana serta masyarakat di dalam pelaksanaan sistem pemasyarakatan.

  Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Pematangsiantar berada di Propinsi Sumatera Utara, Kabupaten Simalungun, berdiri sejak Tahun 1926 (Peninggalan Kolonial Belanda) beralamat di Jalan Sutomo Kota Pematangsiantar. Seiring dengan perkembangan Kota Pematangsiantar maka sejak Tahun 1982  Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Pematangsiantar dipindahkan ke jalan Asahan Km.VII No.8 diatas areal tanah seluas 7.08 ha dengan luas bangunan 28.845 m2 dan dioperasional kan sejak tahun 1988. dengan kapasitas hunian  531 orang  dan saat ini dihuni 1.800 orang (data tgl. 27 April 2020) dengan over kapasitas 338 %.